Sunday 12 April 2015

landasan teori TA atau KP



Landasan Teori
Adapun teori-teori yang melandasi penulisan projek aplikasi ini yaitu :
1.      Aplikasi
Pengertian Aplikasi Menurut Jogiyanto(1999:12) adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instructiom) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.
Pengertian Aplikasi Menurut Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52) adalah “penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atauketentuan bahasa pemrograman tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna”.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, Bahasa Pemrograman yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi.


2.    Data Flow Diagram (DFD)
     Data Flow Diagram (DFD) adalah alat yang digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada, suatu sistem baru yang dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir (misalnya lewat telepon, surat dan sebagainya) atau lingkungan luar fisik dimana data tersebut akan disimpan (misalnya kartu, hard disk, diskket dan sebagainya)”. (Jogiyanto,1990:700).
3.   Entity Relationship Diagram (ERD)
          model entity relationship yang berisi komponen-komponen himpunan entitas dan himpunan relasi yang masing-masing di lengkapi dengan atribut-atribut”. (Jogiyanto,1999:129)
4.        Database
Suatu sistem database dalam program aplikasi ini dirancang atau dibuat untuk memudahkan pekerjaan yang menyangkut data yang banyak. Secara manual sering terjadi duplikasi data yang membuat data yang akan dilaporkan akan menjadi kacau karena banyaknya kesalahan dalam pemasukan data. Pengidentifikasian data dalam ruang lingkup suatu bentuk kantor haruslah akurat.

5.    Flowchart
Flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda. Sebagai representasi dari sebuah program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika program.

6.    Microsoft Access 2007
Microsoft Access 2007 adalah bagian dari Microsoft Office 2007 yang merupakan pendukung sistem operasi windows dan membantu mempermudah pengolahan data berupa database, penyajian data atau pencatatan data.
Banyak yang dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Access, yaitu bagaimana merancang formulir yang begitu mudah dan indah, menggabungkan beberapa buah tabel dan menseleksi suatu data secara mudah yang disajikan dalam bentuk query, data yang dihasilkanpun berakhiran MDB yang datanya dapat dibaca atau dioperasikan melalui fasilitas Microsoft Visual Basic.
Ada kemudahan dalam pemprograman pada Microsoft Access yaitu perintah yang digunakan yakni Microsoft Visual Basic (Visual Basic Application/ VBA).

7.    Microsoft Visual FoxPro
Microsoft Visual FoxPro adalah bahasa pemograman berbasiskan prosedur yang pertama kali dikembangkan oleh Fox Technologies pada awal 1984. FoxPro pertama kali dikembangkan berbasis text dan dapat dijalankan pada MS-DOS, Windows, MacOS, dan UNIX. Dengan menggunakan Microsoft Visual FoxPro dapat membuat database untuk sistem informasi dan pembuatan form-form aplikasi beserta dengan laporan.

A.    Metode dan Teknik Pengumpulan Data
1.    Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/ melukiskan keadaan subjek/ objek pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya.
  Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah :
1.    Studi Lapangan
1.      Observasi
Melihat secara langsung sistematika pembuatan surat-surat resmi dan mengumpulkan arsip-arsip yang diperlukan.
2.      Wawancara
Memberikan pertanyaan kepada aparatur, sekretaris desa dan bagian tata usaha tentang sistem yang berjalan saat ini.
3.      Pengambilan sampel dan dokumentasi
Mengumpulkan format surat-surat dan laporan yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk penyusunan database.

2.    Studi Kepustakaan
Penelitian Kepustakaan berupaya untuk memadukan, mengiterprestasikan dan mengisintesiskan seluruh materi yang ada dan berkaitan dengan topik masalah. Dengan mengungkapkan dasar teoritis, konseptual, logis dan hasil penelitian ataupun data sekunder lainnya.
3.      Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Metode perancangan menggunakan Rapid Application Development (RAD), yaitu sebuah proses model pengembangan software sekuensial linier yang menekan siklus perkembangan yang sangat pendek. Model RAD ini merupakan sebuah adaptasi “kecepatan tinggi” dari model sekuensial linier dimana perkembangan cepat dicapai dengan menggunakan pendekatan konstruksi berbasis komponen.









1.      Kebutuhan Sistem
a.       Karakteristik Sistem
Program ini dapat menyimpan, menghapus, mengedit, dan mencetak data orang yang ingin menikah.
b.      Hardware
Program ini hanya dapat digunakan minimal pada komputer Pentium 4 ke atas.
c.       Software
Program yang dibuat ini penulis menggunakan software Microsoft Visual FoxPro dan Microsoft Access 2007.













B.     Daftar Pustaka

Al-Bahra bin Lajadjamudin, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta : Graha Ilmu.
Faisal, Rahman (2009), Cara Menulis Daftar Pustaka, From http://faisal14.wordpress.com/2009/03/02/cara-menulis-daftar-pustaka/, 30 Januari 2015
Kurniadi, Adi, 2000. Pemrograman Microsoft Visual Basic 6, Jakarta : PT.Elex Media Komputindo
Maulana, Achmad, dkk., 2008. Kamus Ilmiah Populer, Jakarta : Absolut
Nursal, S.Kom, 2006. Buku Panduan Visual Basic I, Jakarta : Dinamika Ilmu
Sutedjo S.Kom, Budi, dll., 2004. Algoritma dan Teknik Pemrograman Konsep, Implementasi dan Aplikasi, Yogyakarta : Andi Offset.
Setiawan, Rony, 2008. Microsoft Access 2007, Jakarta : Graha Ilmu.
Widianti, Sri, 2000. Pengantar Basis Data, Jakarta : Fajar
Wirartha, M.Si, Ir. I Made. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis, Yogyakarta : Andi
Wiyanto,  S.Kom  (2010),  Pengertian   Aplikasi,    From http://Wiyanto0.wordpress.com/2010/20/11/pengertian-aplikasi/,
27 Desember 2014







Related Posts

landasan teori TA atau KP
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.