Monday 13 April 2015

Trusted Computing



Trusted Computing
      Ada dua pengertian mengenai Trusted Computing yaitu :
      Pengertian Pertama
Trusted Computing merupakan istilah luas yang mengacu pada teknologi dan proposal untuk menyelesaikan masalah keamanan komputer melalui perangkat keras dan modifikasi perangkat lunak terkait. Beberapa produsen hardware utama dan vendor perangkat lunak, yang dikenal sebagai Trusted Computing Group (TCG), bekerja sama dalam usaha ini dan telah datang dengan rencana spesifik. The TCG mengembangkan dan mempromosikan spesifikasi untuk perlindungan sumber daya komputer dari ancaman yang ditimbulkan oleh entitas berbahaya tanpa melanggar hak-hak pengguna akhir.
Microsoft mendefinisikan Trusted Computing dengan memecahnya menjadi empat teknologi, yang semuanya memerlukan penggunaan hardware baru atau yang ditingkatkan pada komputer pribadi (PC) tingkat:
a.      Memori curtaining - mencegah program dari tidak tepat membaca dari atau   menulis ke memori masing-masing.
b.       Input aman / output (I / O) - alamat ancaman dari spyware seperti keyloggers dan program yang menangkap isi tampilan.
c.       Sealed penyimpanan - memungkinkan komputer untuk aman menyimpan kunci enkripsi dan data penting lainnya.
d.      Jauh pengesahan - mendeteksi perubahan tidak sah terhadap software dengan menghasilkan sertifikat dienkripsi untuk semua aplikasi pada PC.
      Agar efektif, langkah-langkah ini harus didukung oleh kemajuan dan perbaikan dalam perangkat lunak dan sistem operasi (OS) yang menggunakan PC.
      Dalam bidang yang lebih besar dari Trusted Computing dasar terpercaya (TCB) meliputi segala sesuatu dalam sistem Computing yang menyediakan lingkungan yang aman. Ini termasuk OS dan mekanisme standar keamanan, perangkat keras komputer, lokasi fisik, sumber daya jaringan dan prosedur yang ditentukan.
e.      PC Istilah dipercaya mengacu pada cita-cita industri PC dengan built-in mekanisme keamanan yang menempatkan kepercayaan yang minimal pada pengguna akhir untuk menjaga mesin dan perangkat pendukungnya aman. Tujuannya adalah bahwa, sekali mekanisme yang efektif dibangun ke dalam perangkat keras, keamanan komputer akan kurang tergantung pada kewaspadaan pengguna individu dan administrator jaringan daripada secara historis. Kekhawatiran timbul, bagaimanapun, tentang kemungkinan hilangnya privasi pengguna dan otonomi sebagai akibat dari perubahan tersebut




Pengertian Kedua
The Trusted Computer System Evaluation Criteria (TCSEC) merupakan standar DoD yang mendefinisikan criteria untuk melakukan akses terhadap control access di dalam sistem komputer.
TCSEC mendefinisikan trusted computing base (TCB) sebagai kombinasi semua hardware, firmware, dan software yang bertanggung jawab untuk menegakkan security policy.
TCB merupakan mekanisme internal control dan administrasi yang efektif dari sistem  yang sedang diatur ITSEC.
·         The Information System Evaluation Criteria (ITSEC) merupakan suatu set criteria internasional yang mengevaluasi sistem komputer. Hampir sama dengan TCSEC.
·         The ITSEC menilai produk pada skala E1 (level yang paling rendah) hingga E6 (level yang paling tinggi)

Related Posts

Trusted Computing
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.