Saturday 4 April 2015

pengertian linux



LINUX
Linux adalah sebuah program open source yang gratis di bawah lisensi GNU dan dapat dipakai pada berbagai macam platform perangkat keras. Karena sifatnya yang open spurce, Linux berkembang sangat cepat, karena source code bisa diperoleh secara Cuma Cuma. Linux tidak terkait dengan vendor, bahkan untuk bug fixes. Secara teknikal Linux bukanlah UNIX, hanya cara operasinya yang seakan UNIX.
Linux saat ini, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software, dan untuk pekerjaan sehari-hari. Kebebasan bagi programmer dan administrator jaringan dalam menggunakan linux, adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan mengubahnya sesuai keinginan. Hal ini berimplikasi pada beberapa hal penting, yaitu : keamanan dan dinamika. Karena sifatnya yang kompatible dengan UNIX maka linux dapat berinteraksi dengan sistem operasi lain seperti windows, Macintosh, netware dan lain-lain
Mozilla FireFox
MozillaFirefox adalah salah satu perangkat lunak open-source yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Karena Mozilla termasuk sebuah browser web yang kecil, cepat, dan simpel. Mozzila juga dapat dikembangkan Contohnya pada versi 2.0, Mozilla mempunyai kelemahan yaitu akan crash jika membuka halaman Web yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. karena Mozilla bersifat open source maka kekurangan seperti diatas dapat diperbaiki dan dikembangkan.
Joomla
Joomla adalah sebuah Content Management System (CMS) yang dibuat menggunakan bahasa PHP (PHP Hypertext Processor). Dengan joomla orang bisa membuat sebuah web secara cepat dengan beberapa fitur yang sangat kompleks. Tapi Joomla dapat berfungsi dengan baik jika didukung oleh program aplikasi lain seperti: Apache (sebagai web server), PHP (sebagai penterjemah kode) , dan MySQL (sebagai database).
Apache
Apache merupakan turunan dari web server yang dikeluarkan oleh NCSA yaitu NCSA HTTPd sekitar tahun 1995. Pada dasarnya Apache adalah “A PAtCHy” (patch) dan pengganti dari NSCA HTTPd.
Open Office.org
Open Office.org merupakan perangkat lunak yang termasuk open sorce kare siapapun dapat mengaksess kode sumbernya dan dapat merubah kode sumbernya. OpenOficce.org bisa digunakan dengan sistem operasi windows dan linux
Open source” vs “software berbayar

Secara umum dari segi fungsi kedua jenis software ini sama berfungsi untuk memberikan kemudahan user dalam melakukan pekerjaannya akan tetapi terdapat sebuah garis jelas yang menggambarkan perbedaannya secara besar.
Software berbayar merupakan software yang dikembangkan oleh suatu perusahaan atau software house dengan tujuan tertentu yang mengharuskan user yang memanfaatkan fungsi dari software ini dengan membayarkan sejumlah uang.
Berbeda dengan software open source, software jenis ini biasanya dikembangkan oleh komunitas, ataupun institusi yang bergerak di bidang pendidikan yang memungkinkan user bebas untuk mendownload, mendistribusikan ulang, melihat source code, ataupun mengembangkannya lagi tanpa harus mengeluarkan biaya karena sofware jenis ini berlisensi General Public License (GPL).







Kelebihan software berbayar :

1.      Software berbayar biasanya memiliki kemampuan yang powerfull karena dikembangkan dan dikerjakan oleh pengembang yang dibayar untuk membuat applikasi tertentu.
2.      Fitur dan hasil yang diberikan oleh software berbayar biasanya lebih baik dan lebih banyak.
3.      Software berbayar biasanya memiliki Grapich User Interface (GUI) yang mudah karena ditunjukkan untuk komersialisasi.

Kekurangan software berbayar :
1.      Harga yang dibayarkan untuk membeli software berbayar biasanyaa sangat mahal dan hanya sekali pakai.
2.      Jika terjadi error atau ada bug pada software yang dibeli , user harus menunggu update dari pengembang dan tidak bisa mendapatkan solusi secara langsung.
3.      User tidak bisa melihat source code dari software sehingga tidak bisa mengembangkan atau memperbaiki (khusu programer)

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan software open source ?

Kelebihan software open source
 :
1.      Software open source yang biasanya dikembangkan oleh komunitas atau institusi non profit juga memiliki kemampuan yang sangat powerfull karena software dikembangkan secara bersama-sama sehingga masalah atau bug pada software cepat teratasi.
2.      Fitur dan kemampuan software open source sangat kompleks dan banyak karena bisa dikembangkan oleh siapa saja tanpa terkecuali.
3.      Software open source berlisensi GPL sehingga user tidak dikenakan biaya untuk mempergunakannya.

Kekurangan software open source 

GUI dari software biasanya kurang memuaskan untuk user yang awam.
Terkadang ada beberapa software open source yang tidak bisa menggantikan jenis software berbayar.
Software open source biasanya kurang diminati oleh user awam karena biasanya sulit dalam instalasi atau penggunaan.Perbandingan beberapa software secara langsung.


Sistem Operasi (OS)

Open source : Linux (debian, ubuntu, mint, slackware, backtrack, open suse).
Software berbayar : Windows (XP, Vista, 7, 8), MacOs.



Photo/Image editor
Open source : GIMP, InkScape, Digikam, Abhishek’s GLIMPSE.
Software berbayar : Adobe Photoshop, Corel Draw.

Office editor
Open source : LibreOffice, OpenOffice.
Software berbayar : KingOffice, MsOffice (2003, 2007, 2010,2013).

Flow / Diagram
Open source : Dia, Umbrello.
Software berbayar : MsVisio.

Text Editor
Open source : Kwrite, Bluefish Editor.
Software berbayar : Notepad.

Kelemahan Open Source
Banyak komentar positif dilontarkan kepada program berbasis open source di masyarakat indonesia, selain opensource tidak menyalahi Undang-undang No 19 Tahun 2002 tentang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) , dan idiom masyarakat bahwa opensource adalah program gratis tanpa ada lisensi berbayar serta karena open source dari arti dasarnya adalah kode yang terbuka, sehingga semua kode program aplikasi bisa dilihat, diedit dan diubah sesuai dengan kebutuhkan kita. Sehingga pemerintah Indonesia menggalakkan program EGOS.
Berikut ini kelemahan dari open source yang perlu untuk diketahui, hal ini untuk mengimbangi dan membuka wawasan masyarakat.
1.      Support Berbayar dan Langka
Satu keyakinan bahwa software tidak akan ada masalah adalah keliru, dan ini adalah sebuah bencana jika kita sudah memakai program opensource untuk semua infrastruktur yang besar, dan ketika itu menemukan hole atau bug yang tidak ada yang paham. Maka langkah yang mungkin ditempuh adalah : searching problem solving di forum-forum, tanya sana sini. Jika tidak ketemu juga, kita bisa-bisa harus menganggarkan dana yang tidak sedikit untuk mendatangkan jasa konsultan dari pakar opensource tersebut.
Karena sebenarnya opensource adalah sebuah modem bisnis yang berbeda dari software berbayar di awal dan dibatasi sebuah aturan lisensi.
Mungkin untuk skala kecil, anda tidak akan merasakan impact yang diakibatkan. Namun jika sudah melibatkan sistem yang sudah ada, data-data penting, kadang-kadang manajemen biasanya tidak akan ambil pusing, mending mencari yang berbayar sedikit mahal diawal, tetapi ada jaminan support dan problem solving yang akuntabel dari vendor. Dari pada mengorbankan data-data dan infrastruktur yang sudah terinstall hanya karena berorientasi penghematan dana di awal.
2.      Versi Beta, Stabil dan unstabil.
Open source sangat erat kaitannya dengan versi dan kestabilan kualitas softwarenya, ini merupakan celah besar yang ditinggalkan baik disengaja atau tidak disengaja. Kepastian stabil dan tidak stabil kadang menjadi keraguan pilihan para petinggi IT untuk memilih software opensource.
Bayangkan saja, versi software yang terinstall di server anda statusnya masih unstable, bisa dibayangkan bisa terjadi apa-apa. Dan patch-nya harus menunggu orang yang sukarela membetulkan masalah yang terjadi itu.
Dengan sifat yang terbuka ini, maka tidak menutup kemungkinan bila aplikasi-aplikasi yang dikembangkan di sistem operasi open source membawa virus. Ini salah satu kelemahan dari OS yang sifatnya open source.



3.      Kerja Komunitas bukan profesional.
Beberapa software dikembangkan oleh sebuah komunitas yang mempunya tujuan khusus, jaminan dan kepercayaan kualitas produk hasil perlu dicompare dengan produk komersil yang jauh lebih mumpuni dari segala sisi.

Related Posts

pengertian linux
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.